Gandeng Lintas Sektor, Loka POM Balikpapan Gelar Forum Komunikasi Publik

25-07-2023 Loka POM di Kota Balikpapan Dilihat 159 kali

Balikpapan – Senin (24/07/23) Loka POM di Kota Balikpapan menggelar Forum Komunikasi Publik dengan tema Standar Pelayanan Publik di Loka POM di Kota Balikpapan. Kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan sekaligus mengevaluasi atau jaring pendapat tentang Standar Pelayanan Publik yang ada di Loka POM di Kota Balikpapan. Pemerintah sebagai service producer dan service arranger memiliki kewenangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Namun demikian, keberhasilan pemerintah dalam menjalankan peranannya tersebut sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Salah satu upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan.

 

Kegiatan ini turut mengundang berbagai lintas sektor yang ada di Balikpapan. Para peserta forum memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga ketika melakukan pembahasan mengenai Standar Pelayanan Publik Loka POM di Kota Balikpapan terdapat berbagai sudut pandang.

“Standar Pelayanan Publik yang digunakan di Loka POM di Kota Balikpapan sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 28 Tahun 2022 tentang Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Standar ini sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur” ujar Gerson Pararak selaku Kepala Loka POM di Kota Balikpapan. Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat dalam rangka pengawasan obat dan makanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan berupa pelayanan administratif dan teknis baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

 

Output dari kegiatan ini adalah adanya Berita Acara Forum Komunikasi Publik Standar Pelayanan Loka POM di Kota Balikpapan yang ditandatangani oleh seluruh peserta forum yang hadir. Penandatanganan tersebut sebagai symbol bahwa Standar Pelayanan Publik Loka POM di Kota Balikpapan telah disepakati.

Sarana