Peringati World Environmental Day, Loka POM Balikpapan Laksanakan Gerakan Menanam Tanaman Obat Bersama BPOM Seluruh Indonesia

17-07-2023 Umum Dilihat 107 kali

Balikpapan - Dalam rangka memperingati World Environment Day, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bergerak dengan melakukan penanaman 10.000 tanaman obat di seluruh Indonesia. Gerakan ini diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yakni Balai POM dan Loka POM yang ada di Indonesia, termasuk Loka POM di Kota Balikpapan gerakan menanam tanaman obat bertempat di KM 13 Kariangau dan Hutan Kota Telaga Sari, Balikpapan (16/07/2023).  

Loka POM di Kota Balikpapan bekerjasama dengan lintas sektor antara UPTD KPHL Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan, PC IAI Kota Balikpapan, Kelurahan Telaga Sari, dan Kelurahan Kariangau melaksanakan penanaman 150 tanaman obat yang ditujukan bagi pemanfaatan oleh masyarakat.

Nantinya gerakan ini akan dicatat oleh MURI, sebagai rekor penanaman tanaman obat terbanyak. Selain itu, menurut Kepala Loka POM di Kota Balikpapan, Gerson Pararak, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi BPOM dalam menjaga lingkungan.

Dalam kegiatan ini Loka POM di Kota Balikpapan juga menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Balikpapan untuk ikut melakukan penanaman di Hutan Kota Telagasari.

World Environment Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan penyelamatan lingkungan. Gerakan menanam 10.000 tanaman obat secara serentak di seluruh Indonesia dilakukan sebagai upaya untuk kehidupan hijau dan pulih berkelanjutan.

Ke depannya, Loka POM di Kota Balikpapan akan mendukung penggunaan obat-obatan tradisional, selama khasiatnya dapat dibuktikan dan memiliki kandungan yang benar-benar dari bahan baku herbal.

Sarana